5 Bahasa Pemrograman Paling Banyak Digunakan Perusahaan

Seiring dengan banyaknya permintaan terhadap software development di berbagai perusahaan, tentu Anda sepakat bahwa kemampuan bahasa pemrograman menjadi satu hal penting yang perlu dikembangkan karena sudah terbukti memberikan banyak keuntungan dan peluang untuk bisa bergabung di salah satu perusahaan ternama, di Indonesia yang tentu saja dengan gaji tinggi.

Saat ini, ada sekitar 700 bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari. Apabila Anda masih bertanya-tanya tentang bahasa pemrograman apa saja yang digunakan di berbagai perusahaan? Anda tidak perlu khawatir, artikel ini akan membahas tentang 5 bahasa pemrograman terbaik yang banyak digunakan di berbagai perusahaan, diantaranya: Python, C#, JavaScript, Java, dan Swift. Dengan begitu, Anda bisa memilih bahasa pemrograman yang paling sesuai dengan target Anda.

Bahasa Pemrograman Paling Banyak Digunakan

Yuk, simak dan upgrade skill Anda untuk meraih masa depan yang cerah.

1.    Python

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang bisa digunakan untuk berbagai tugas, mulai dari kegiatan analisis, visualisasi data hingga pengembangan website, otomatisasi, dan prototype. Python ini mampu memungkinkan para penggunanya menggunakan berbagai paradigma pemrograman, termasuk bahasa yang berorientasi pada objek, prosedural, imperatif dan fungsional. Selain itu, para programmer juga bisa memodifikasi source-codenya agar sesuai dengan kebutuhan mereka.

Python ini salah satu bahasa pemrograman paling mudah yang bisa Anda baca, tulis, dan pelajari untuk memulai karier sebagai developer atau engineer software. Bahkan saat ini, posisi kerja sebagai developer banyak dibutuhkan oleh perusahaan, diantaranya: data scientist, software engineer, dan sebagainya. Pendapatan rata-rata para developer tersebut sekitar Rp84 juta/tahun.

Perlu Anda ketahui, popularitas Python ini meliputi: (1) telah disukai oleh 59,7% developer Stack Overflow, (2) nomor 5 bahasa pemrograman terpopuler di PYPAL Januari 2022, (3) nomor 5 bahasa pemrograman terbaik di TIOBE Januari 2022, (4) nomor 4 bahasa pemrograman paling diminati oleh developer pelajar.

2.    C#

C# adalah bahasa pemrograman di berbagai environment yang bisa digunakan untuk membuat aplikasi Android dan iOS serta mengembangkan game 2D maupun 3D di Unity. C# ini termasuk bahasa pemrograman terbaik yang performanya cepat dan lebih stabil. C# ini juga lebih mudah dari pendahulunya, yakni C dan C++. C# ini memiliki sintaksis simpel dan hierarki class yang tersusun dengan baik. Mulanya C# ini digunakan sebagai bahasa Microsoft, kini kompatibel dengan Windows dan Linux sehingga bahasa pemrograman ini bisa dikatakan terbaik dan layak dipelajari untuk mengembangkan aplikasi desktop yang berbasis GUI. Bahkan, coder berbakat dengan keahliannya menggunakan C# ini banyak dicari oleh perusahaan software. Sejumlah posisi kerja untuk developer C# ini meliputi: software engineer dan developer game (aplikasi mobile). Biasanya, pendapatan rata-rata para developer tersebut sekitar Rp100 juta/tahun.

Perlu Anda ketahui, popularitas C# ini meliputi: (1) telah disukai oleh 43,4% developer Stack Overflow, (2) nomor 4 bahasa pemrograman terpopuler di PYPL Januari 2022, (3) nomor 4 bahasa pemrograman terbaik di TIOBE Januari 2022.

3.    JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi web dengan desain yang intuitif. JavaScript ini, 97,8% dari semua website termasuk yang paling populer dan banyak diminati dalam meningkatkan interaktivitas halaman web. JavaScript ini mudah untuk dipelajari sehingga cocok bagi Anda yang ingin menjadi web developerSelain itu, developer JavaScript juga bisa melamar sebagai software engineer, developer full-stack, dan UI/UX designer. Pendapatan rata-rata programmer JavaScript tersebut sekitar Rp111 juta/tahun, sedangkan web developer sekitar Rp61 juta/tahun.

Perlu Anda ketahui, popularitas JavaScript ini meliputi: (1) telah disukai oleh 58,3% developer Stack Overflow, (2) nomor 3 bahasa pemrograman terpopuler di PYPL Januari 2022, (3) nomor 7 bahasa pemrograman terbaik di TIOBE Januari 2022, (4) nomor 4 bahasa pemrograman paling banyak diminati oleh pekerja profesional, (5) nomor 2 bahasa pemrograman paling diminati oleh developer pelajar.

4.    Java

Java merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi serbaguna dengan hak milik yang dipegang oleh Oracle. Java akan memudahkan coder untuk membuat semua jenis aplikasi. Java termasuk bahasa coding yang mudah karena memiliki sintaksis dengan struktur object-oriented dan tugas dunia nyata. Java termasuk bahasa pemrograman yang memiliki keamanan kuat sehingga banyak digunakan dalam layanan keuangan. Selain itu, Java ini juga bisa digunakan untuk berbagai hal, mulai dari software engineering hingga data science, web development back-end, dan big data. Beberapa pekerjaan sebagai developer Java yang banyak dibutuhkan dintaranya: software engineer, analis QA, manajer proyek, dan UX designer. Pendapatan rata-rata programmer Java tersebut sekitar Rp112 juta/tahun.

Perlu Anda ketahui, popularitas Java ini meliputi: (1) telah disukai oleh 44,1% developer Stack Overflow, (2) nomor 2  bahasa pemrograman terpopuler di PYPL Januari 2022, (3) nomor 3 bahasa pemrograman terbaik di TIOBE Januari 2022, (4) nomor 2 bahasa pemrograman terpopuler di kalangan pekerja profesional.

5.    Swift

Swift merupakan bahasa pemrograman terbaru yang pertama kali diluncurkan sebagai alternatif untuk Objective-C, yakni bahasa utama produk Apple, Swift ini menawarkan fitur-fitur modern yang meliputi: pemrograman konkuren dan pengelolaan memori otomatis. Swift ini termasuk bahasa programming terbaik dalam pengembangan produk Apple dengan pertumbuhan tercepat. Apabila Anda tertarik untuk mengembangkan produk Apple, Anda bisa memilih Swift sebagai bahasa pemrograman pertama untuk dipelajari. Keahlian dalam pengembangan aplikasi iOS ini banyak diminati karena Apple berhasil menjadi penghasil keuntungan terbesar dalam bisnis smartphone. Pendapatan rata-rata programmer Swift tersebut sekitar Rp127 juta/tahun.

Perlu Anda ketahui, popularitas Java ini meliputi: (1) telah disukai oleh 59,5% developer Stack Overflow, (2) nomor 2 bahasa pemrograman terpopuler di PYPL Januari 2022, (2) nomor 10 bahasa pemrograman terbaik di TIOBE Januari 2022, (3) nomor 7 bahasa pemrograman paling diminati oleh developer pelajar.

So, bukankah pekerjaan dengan pendapatan rata-rata seperti di atas yang Anda angan-angankan? Tunggu apalagi, segera upgrade skill Anda dengan 5 bahasa pemrograman terbaik yang banyak digunakan oleh berbagai perusahaan. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam memilih dan menentukan bahasa pemrograman yang ingin Anda pelajari.

Posting Komentar untuk "5 Bahasa Pemrograman Paling Banyak Digunakan Perusahaan"