3 Tips Belajar Laravel yang Paling Efektif dan Cepat Bisa



Tips belajar Laravel berikut ini bisa diikuti oleh pemula yang belum pernah berkecimpung di dunia programmer. Perlu Anda ketahui, bagi seorang programmer sekalipun, menguasai Laravel adalah hal yang cukup sulit untuk diterapkan. Padahal Laravel termasuk ke dalam salah satu Framework PHP yang tergolong efisien dalam soal waktu jika dibandingkan dengan jenis Framework lainnya.

Karena itulah, para programmer pemula sangat penting mempelajari Laravel dari tingkat mendasar terlebih dahulu. Sebagai informasi, belajar Laravel bagi para pemula sebenarnya hal yang cukup mudah selama memiliki kemauan tinggi dan tekun dalam mempelajari Laravel tersebut. Dengan demikian, Anda yang merupakan programmer pemula bisa mempelajari Laravel dalam waktu cepat dan efektif.

Apa Saja Tips Belajar Laravel yang Paling Efektif?

Perlu diketahui, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan seorang programmer yang tekun mempelajari Laravel. Salah satunya yaitu terdapat migration database. Dalam Laravel tersedia sistem untuk memindahkan database yang tak seperti jenis framework lainnya. Jika seorang programmer memakai framework dari Laravel, maka tak perlu membuat kode mySQL supaya dapat migrasi database. Untuk memudahkan, silahkan ikuti tips belajar Laravel di bawah ini.

1.      Jangan Memulai Pembelajaran dengan Dokumentasi Resmi

Langkah pertama yang sering dilakukan oleh para pengguna baru yaitu mengunjungi laman dokumentasi resmi milik Laravel. Sebaiknya Anda jangan sampai salah paham terlebih dahulu. Dokumentasi Laravel resmi merupakan dokumentasi yang terlengkap, tetapi ini meminta penggunanya untuk memahami ekosistem PHP serta teknik development kekinian.

Misalnya saja, bagian pertama dalam dokumentasi itu merupakan bagian instalasi. Agar bisa mengikuti panduan yang ada, para pembaca harus tahu cara memakai composer, cara memakai perintah di terminal, bagaimana web server bekerja, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itulah tips belajar Laravel agar bisa sukses, jangan memulainya dari dokumentasi resmi.

2.      Mempelajari OOP, PHP, Terminal, dan Composer Dahulu

Banyak orang yang justru belajar Laravel tanpa memahami atau mempelajari PHP terlebih dahulu. Padahal sebaiknya memulai belajar dasar-dasarnya sebelum memutuskan terjun ke Laravel. Agar bisa mempelajari framework PHP modern seperti Laravel, maka Anda perlu memahami dasar dari PHP. Semua model framework PHP ditulis menggunakan mode OOP sehingga Anda harus tahu apa itu property, objek, dependensi, kelas, method, dan lainnya.

Secara umum, dalam tips belajar Laravel ada baiknya Anda membuat minimal satu project sederhana dengan PHP tanpa menggunakan framework. Dengan begitu, Anda akan mempunyai pemahaman yang lebih baik terkait bagaimana PHP bekerja. Dengan demikian, ketika berkutat dalam Laravel, Anda nantinya mempunyai pemahaman tentang sistem tersebut lebih mendalam lagi.

3.      Baca dan Praktekkan

Tentu saja tidak mungkin Anda belajar tentang pemrograman tanpa melakukan coding langsung. Saat belajar, Anda jangan menghabiskan waktu terlalu banyak untuk menonton video ataupun membaca buku saja. Sebaiknya, Anda perlu mulai berlatih coding secepat mungkin setelah membaca ataupun menonton video. Sebagai permulaan, programmer pemula bisa mencoba untuk membuat project skala kecil ketika belajar.

Project dalam tips belajar Laravel seperti ini tidak hanya membuat pelajaran Anda realistis, namun akan memotivasi. Hanya dengan latihan coding langsung, Anda bisa menemukan rintangan serta pertanyaan yang baru.

Itulah beberapa tips belajar Laravel yang efektif dan bisa diterapkan oleh programmer pemula sekarang juga. Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan programmer pemula bisa lebih mudah dalam dunia Laravel.  

Posting Komentar untuk "3 Tips Belajar Laravel yang Paling Efektif dan Cepat Bisa"